Diberdayakan oleh Blogger.

Weekly Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Rabu, 18 Januari 2017

Tag:

Pengertian DHCP dan cara kerjanya


Rifki Ferdiansyah - Assalamualaikum disini saya akan menjelaskan tentang pengertian DHCP dan apa itu yang dimaksud dengan DHCP server dan DHCP Client. Saya akan menjelaskannya dibawah ini.

Pengertian DHCP
DHCP adalah kependekan dari Dynamic Host Configuration Ptotocol yaitu layanan yang akan memberikan alamat IP secara otomatis kedalan komputer yang meminta  perintah tersebut.Komputer yang memberikan DHCP disebut sebagai DHCP Server sedangkan komputer yang meminta DHCP atau pengisian IP secara otomatis disebut DHCP Client


DHCP Server
Pengaturan IP yang dilakukan oleh server untuk diberikan ke Client yang meminta alamat IP secara otomatis.Pemberian IP ditentukkan oeleh server .

DHCP Client
Pengaturan IP yang dilakukan di Client , apakah menggunakan mode static atau menggunakan metode dynamic .DHCP Client meminta server untuk memberikan IP sebelum Client mendapatkan IP Dynamic.   

Cara Kerja DHCP
DHCP memiliki 4 tahapan dalam proses konfigurasi alamat IP. 

a. IP Least Request
Client meminta alamat IP ke server (Broadcast mencari DHCP server).
b. IP Least Offer
DHCP server (bisa satu atau lebih server jika memang ada 2 atau lebih DHCP server) yang mempunyai alamat IP memberikan penawaran ke client tersebut.
c. IP Lease Selection
Client memilih penawaran DHCP Server yang pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message menyetujui peminjaman tersebut kepada DHCP Server.
d. IP Lease Acknowledge

DHCP Server yang menang memberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi alamat IP dan informasi lain kepada Client dengan sebuah ACKnowledgment. Kemudian client melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP tersebut dan client dapat bekerja pada jaringan tersebut. Sedangkan DHCP Server yang lain menarik tawarannya kembali.

Perhatian gambar dibawah ini ,ini adalah ip address,broadcast,subnet mask,routes dan gateway yang diberikan oleh server secara DHCP/Otomatis.


 

About Rifki Ferdiansyah Blog

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads