Diberdayakan oleh Blogger.

Weekly Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Rabu, 18 Januari 2017

Tag:

Pengenalan Teknik Komputer dan jaringan




Rifki Ferdiansyah - Assalamualaikum hari ini saya akan menjelaskan mengenai Teknik Komputer dan Jaringan. Pasti disini masih banyak yang belum mengetahui arti sebenarnya dari TKJ , Komputer dan Jaringan.Disini saya kan menjelaskan semua pengertiannya.


1. PENGERTIAN
Apa itu TKJ ???
TKJ merupakan kependekan dari (Tekhnik Komputer dan Jaringan)  ,TKJ merupakan ilmu berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkait kemampuan algoritma, dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak, dan internet. Teknik komputer, dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik, dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan, dan mengintegrasikan perangkat lunak, dan perangkat keras
 
Apa Itu  Komputer ???
Kompiter adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmetika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.  Dalam arti seperti itu terdapat alat seperti slide rule, jenis kalkulator mekanik mulai dari abakus dan seterusnya, sampai semua komputer elektronik yang kontemporer. Istilah lebih baik yang cocok untuk arti luas seperti "komputer" adalah "yang mengolah informasi" atau "sistem pengolah informasi." Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut sebagai komputer. Kata computer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmetika, dengan atau tanpa mesin pembantu. Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.   


Apa itu jaringan Jaringan komputer ???
Jaringan
adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Klasifikasi jaringan komputer terbagi menjadi :
  1. Berdasarkan geografisnya, jaringan komputer terbagi menjadi :

    • Local Area Network (LAN)
    • Metropolitan Area Network (MAN)
    • Wide Area Network (WAN) 
    •  
  2. Berdasarkan fungsi, terbagi menjadi :

    • Jaringan Klien-server (Client-server)
    • Jaringan Ujung ke ujung (Peer-to-peer)
    Jaringan klien-server pada dasaranya ada satu komputer yang disiapkan menjadi peladen (server) dari komputer lainnya yang sebagai klien (client). Sedangkan Jaringan Peer-to-peer pada dasarnya dimana komputer yang saling terhubung dapat bertindak sebagai server maupun client
     
  3. Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:
    1. Topologi bus
    2. Topologi bintang
    3. Topologi cincin
    4. Topologi mesh
    5. Topologi pohon
    6. Topologi linier
       
  4. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    1. Jaringan terpusat
      Jaringan ini terdiri dari komputer klien dan peladen yang mana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer peladen.
    2. Jaringan terdistribusi
      Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer peladen yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan tertentu.
  5. Berdasarkan media transmisi data
    1. Jaringan Kabel (Wired Network)
      Pada jaringan ini dimana kabel merupakan akses utama sebagai penghubung antar satu komputer dan komputer lainnya.

    2. Jaringan Nirkabel(Wi-Fi)
      Pada jaringan ini dimana akses yang digunakan untuk menghubungkan antara satu komputer dan komputer lainnya tidak perlu menggunakan kabel karena jaringan ini menggunalan gelombang elektromagnetik pemancar sinyal atau transmisi datanya.
2.LATAR BELAKANG

Karena mengenal dan memahami tentang dasar dasar komputer sangat penting sebelum kita mempelajari lebih lanjut ilmu tentang komputer dan jaringan

3.MAKSUD DAN TUJUAN

Mengetahui pengertian  TKJ, Komputer, dan Jaringan dan lebih mengerti apa itu tehnik komputer dan jaringan
 
4.JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Tergantung bagi seseorang meluangkan waktu untuk membaca

5.KESIMPULAN DAN HASIL

Dengan mengetahui dan mampu memahami ilmu komputer dari yang paling dasar dan dapat mempermudah kita untuk belajar lebih lanjut tentang ilmu komputer dan jaringan


6.REFERENSASI

https://id.wikipedia.org/wiki/Teknik_komputer_dan_jaringan
https://id.wikipedia.org/wiki/Komputer

About Rifki Ferdiansyah Blog

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Ads